Minggu, 04 Maret 2018

ETIKA BISNIS


Pengertian Etika Bisnis

Oleh Ahmad  Wildan Faiz (160321100057)

1.      Pengertian Etika

Secara etimologi, etika berasal dari kata ethicos yang berarti kebiasaan. Menurut Bertens (2001), etika menjabarkan pengertian yang ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang di bagi menjadi tiga yaitu :
  1. ·       Etika berarti nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
  2. ·         Etika berarti kumpulan asas atau nilai normal.
  3. ·         Etika berarti ilmu tentang yang baik dan buruk


2.      Pengertian Bisnis
  • Bisnis secara luas diartikan sebagai keseluruhan kegiatan usaha orang atau badan (hukum) secara teratur dan terus menerus, yaitu berupa kegiatan mengadakan barang barang atau jasa-jasa maupun fasilitas-fasilitas untuk diperjualbelikan , diperuntungkan, atau disewakan  dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.


Definisi menurut para ahli:
  •  Bertens (2000)


Etika Bisnis yang  dikenal juga sebagai etika korporas  adalah suatu bentuk etika terapan atau etika profesi yang mempelajari prinsip-prinsip etis dan moral atau masalah-masalah etika yang muncul dalam lingkungan bisnis.
  • .    Hill dan Jones (1996 dalam Mahmoedin)

Etika bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar. Di mana hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.
  • Velasques (1996 dalam Sondang)

Etika Bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Etika Bisnis adalah suatu ajaran yang mempelajari prinsip mengenai baik atau buruknya pengambilan keputusan atau perilaku dalam berbisnis

Daftar pustaka
Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta. Kanisius.
Mahmoedin, 1996. Etika Bisnis. Jakarta: Sinar Harapan.
Sondang, Siagian. 1996. Etika Bisnis. Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar