Minggu, 11 Juni 2017

TDL naik lagi?? siap siap merogoh kocek lebih dalam



TDL naik lagi?? Siap siap merogoh kocek lebih dalam

Ahmad Wildan Faiz
160321100057
A
Agribisnis


Di dunia ini siapa yang tidak kenal dengan listrik. Silambang petir yang keberadaanya telah digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Memang, listrik merupakan bagian terpenting diera kehidupan yang modern ini. Kenaikan tarif dasar listrik tentunya akan sangat berdampak bagi seluruh masyarakat. Apalagi usaha usaha yang sangat membutuhkan listrik sebagai penggerak mesin industrinya. Di bulan awal bulan juni ini saja, sudah marak terdengar isu dari pemerintah bahwa kenaikan dasar listrik akan diberlakukan kembali. Banyak persepsi-persepsi masyarakat yang berfikiran bahwa kenaikan tarif dasar listrik ini akan berdampak buruk bagi mereka, terutama bagi industri industri yang berskala kecil.
                Kenaikan tarif dasar listrik akan diberlakukan pada golongan 900 VA. Untuk periode januari-februari naik 30% menjadi Rp 791/Kwh, kemudian tarif naik lagi 30% dibulan maret-april, kemudian naik 30% dibulan mei-juni sebesar Rp 1.352/Kwh. Terkahir dibulan Juli kenaikan akan mengikuti tiga hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kenaikan tersebut tentunya tidak sebatas pemikiran yang ngawur dari pemerintah. Kebijakan kenaikan tersebut disinyalir karena memang mayoritas pengguna listrik pada daya 900 VA merupakan masyarakat yang mampu. Hal ini sesuai dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang tarif tenaga listrik PT PLN (Persero) mengatur penerapan tarif non subsidi bagi rumah tangga daya 900 VA yang mampu secara ekonomi.
            Dengan adanya kenaikan tarif dasar listrik tersebut tentunya akan memicu harga barang yang ada di pasaran. Terutama barang barang jenis komoditi pertanian yang umumnya menggunakan listrik sebagai alat untuk mengolah barang tersebut. Tetapi, dengan adanya kenaikan TDL tersebut juga akan sedikit mengurangi beban Negara dalam mensubsidi listrik bagi masyarakat. Sebelum adanya kebijakan untuk menaikan TDL, tentunya pemerintah sudah memikirkan dengan matang tentang dampak yang akan diterima kedepanya. Kurangnya informasi akurat yang diterima masyarakat akan mengubah pola pikir mereka terhadap kebijakan tersebut. Tentunya akan banyak pendapat-pendapat negative yang beranggapan bahwa pemerintah tidak memikirkan dampak kenaikan TDL tersebut. Maka, perlu adanya penyampaian informasi yang akurat supaya pola pikir masyarakat terhadap kenaikan TDL dapat dipahami dengan baik dan tidak menimbulkan kesalah fahaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar